TK Tunas Unggul
Tunas Unggul sebagai sebuah lembaga pendidikan memiliki keinginan turut berkiprah dalam mempersiapkan anak prasekolah menuju jenjang pendidikan lebih lanjut, dengan mendirikan TK Tunas Unggul . TK Tunas Unggul bertekad berikhtiar menyelenggarakan pendidikan dengan fokus pembinaan karakter anak melalui penanaman nilai-nilai moral, spiritual, kerjasama, saling menghargai, perhatian, kasih sayang, tolong menolong dan kemandirian.
Menerapkan model pembelajaran Inquiry. Model ini memfasilitasi anak untuk menciptakan makna berdasarkan pengalaman, pengamatan dan interaksi sosial di lingkungannya. Proses pembelajaran dilakukan melalui eksplorasi berdasarkan tema, dlam hal ini siswa diberi keleluasaan dan dikenalkan dengan hal baru untuk membuka wawasannya dengan sumber belajar yang variatif dan menyenangkan. Selain eksplorasi tema, TK Tunas Unggul menggunakan metode pembelajaran corner (berbasis sentra) untuk mengeksplorasi kemampuan dasar anak yaitu bahasa, dramatisasi, kreatifitas, motorik, kognitif dan natural.
International Baccalaureate
Kerangka kerja transdisipliner PYP berfokus pada pengembangan anak secara keseluruhan sebagai seorang yang ingin tahu, baik di sekolah maupun di luar sekolah. PYP telah dikembangkan melalui penelitian selama puluhan tahun mengenai cara siswa belajar, cara pendidik mengajar, serta prinsip dan praktik penilaian yang efektif. Program ini sangat menekankan pembelajaran berbasis inkuiri.
Melalui PYP, TK Tunas Unggul mengembangkan kesejahteraan akademik, sosial dan emosional siswa, dengan fokus pada pemikiran internasional dan nilai-nilai pribadi yang kuat. PYP memupuk keterampilan belajar mandiri, mendorong setiap siswa untuk mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka. Program ini memasukkan isu-isu lokal dan global ke dalam kurikulum, meminta siswa untuk melihat enam tema transdisipliner yang terkait dan mempertimbangkan hubungan di antara mereka. Tema-tema yang diangkat mencakup ‘siapa kita’, ‘di mana kita berada, pada tempat dan waktu’, ‘berbagi planet ini’, ‘bagaimana kita mengekspresikan diri’, ‘bagaimana kita mengatur diri kita sendiri’ dan ‘bagaimana dunia bekerja’.
Essential Elements of PYP
Knowledge
Program inkuiri disusun berdasarkan enam tema transdisipliner yang memiliki signifikansi global dan pembelajaran tentang tema-tema ini menjadi dasar dari program ini. Para siswa membahas keenam tema tersebut setiap tahun (enam unit inkuiri):
- Who We Are
- Where We Are in Place and Time
- How We Express Ourselves
- How the World Works
- How We Organise Ourselves
- Sharing the Planet.
Action
Aksi adalah bagian integral dari Primary Years Programme (PYP) dan merupakan kesempatan bagi siswa untuk mencari peluang untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas lokal dan global mereka. Ini adalah komponen inti dari program ini dan menawarkan kepada para siswa kemampuan untuk melihat bahwa mereka tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia di sekitar mereka, tetapi juga menjadi pembuat perubahan.
Skills
- Thinking Skills
Siswa harus didorong untuk mengembangkan berbagai keterampilan berpikir yang penting seperti berpikir kreatif, berpikir kritis, dan berpikir etis. - Research Skills
Keterampilan penelitian seperti proses membandingkan, mengumpulkan, memprioritaskan, dan membedakan informasi. - Communication Skills
Keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang penting, kemampuan untuk mendengarkan secara efektif dan sabar, dan membentuk argumen secara koheren dan efektif - Social Skills
Keterampilan membentuk hubungan yang positif, keterampilan mendengarkan (relevan dengan keterampilan di atas) dan resolusi konflik dan argumen - Self-Management Skills
Anak-anak didorong untuk mengembangkan keterampilan atau organisasi, manajemen waktu, kemampuan untuk melakukan banyak hal, serta mengelola emosi dan kondisi pikiran mereka.
Concept
- (Form) ----------------------> What is it like?
- (Function) -------------------> How does it work?
- (Causation) ------------------> Why is it like this?
- (Change) --------------------> How is it changing?
- (Connection) ----------------> How is it connected to other things?
- (Perspective) ----------------> What are the points of view?
- (Responsibility) --------------> What is our responsibility?
Centre of Exellence
Religious Habituation
- Pembiasaan hafalan (Doa, Surah, Hadits dan Asmaul Husna)
- Sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah
- Mengenal huruf Hijaiyah
- Pekan Tahfidz & wisuda Tahfidz
- Story Telling kisah nabi
Students Corner
- Cube Corner
- Roleplay Corner
- Nature Corner
- English Corner
- Art Corner
- Literacy Corner
Academic Programme
- Excursion/Outing
- Guest Teachers
- Cooking Class
- Special teacher
- Book week
- Action
- Assessments (Formative, Summative, Self and Peer),
- Grade TK B Graduation, Parents as Learners (PALS),
- Parent-Teacher Interview
Strong Personal Values
Learner profile, Special Teacher, Book week, character development program (3 Kata ajaib, 3S & 3M)
Periodical activity :
- Swimming,
- Hiking
Special Event :
- Qurban in Idul Adha & Ramadan Programme Series,
- Book Week,
- Assembly & Big Assembly.
Inclusive Programme :
- Individual education program
- Child development treatment
- Supplementary program : hiking, swimming, filed trip
- Personal development program
- Councelling
- Stimulation, detection and early intervention for Child Development